Jika Android tanpa Google

Android adalah salah satu operating system perangkat bergerak yang saat ini sangat populer. OS ini dimiliki oleh peusahaan raksasa internet yaitu Google. Seperti yang telah kita ketahui lini bisnis utama Google adalah mesin pencari dan profit didapat dari iklan.

Bagaimana agar pemasang iklan dapat berdatangan? tentunya Google menjaring pengguna internet sebanyak – banyaknya dengan produk – produk bagus yang gratis walaupun tidak semua produknya adalah gratis.

Semakin banyak orang yang menggunakan produk google, maka semakin banyak kesempatan tayang iklan dan tentunya Google semakin banyak mendapat keuntungan.

Tetapi sebagian orang tidak mengetahui atau justru tidak peduli kalau Google mengumpulkan data – data kita manakala kita menggunakan produk mereka. Saat kita browsing menggunakan web broser Chrome, mencari informasi dengan kata kunci di pencarian Google, semua data – data dikumpulkan oleh Google. Bahkan mesin mereka “membaca” email gmail kita. Semua data – data tersebut kemudian dianalisa dan bisa mengoptimalkan iklan yang ditayangkan kepada kita. Bahkan lebih lagi, mesin Google mempelajari kebiasaan – kebiasaan kita di Internet. Dan lama kelamaan Google akan mengenal kita lebih intim dari pada pasangan kita (he he he)

Hal – hal tersebut yang saat ini merisaukan orang – orang pengguna produk Google.  Beberapa merasa privasinya menjadi terganggu. Bahkan menurut saya sebagian sangat lebay. Apalagi sebagian mengaku sebagai (pengguna) suporter OS saingan Android.Android dianggap gak aman karena kita selalu di mata – matai oleh Google, email rahasia kita di baca oleh karyawan mereka.

Hal – hal yang sangat menggelikan pastinya. Siapa juga karyawan yang iseng melototin email pengguna Gmail? memangnya penghitungan kertas suara pemilu harus memeriksa secara manual satu per satu he he he. Memang berita bahwa Google membaca email kita itu benar, tapi tentunya mesin komputerlah yang membacanya dan memilah dan mengumpulkan informasinya karena mungkin ada berjuta – juta atau bahkan bermilyar email wara – wiri di server Google setiap harinya.

Seperti halnya produk – produk Google yang lain, kepopuleran Android tidak lain karena OS tersebut merupakan OS gratis dan juga open source sehinnga vendor – vendor handphone selain tidak perlu membayar kepada Google juga bisa mencustom OS yang keluar dari Google sebelum akhirnya handphone dijual kepada masyarakat umum. Hal inilah yang membuat baik vendor besar semacam Samsung, Sony, Motorola, LG, HTC maupun vendor – vendor kecil atau bahkan vendor “lokal” semacam polytron, mito, ainol dan apapun itu namanya, bisa membuat smartphone dengan OS Android. Yang membedakan hanyalah kustomisasai oleh vendor – vendor tersebut sehingga ada perbedaan fitur dan juga optimalnya OS. Lalu apa keuntungan Google jika menggratiskan Android? Iklan? memang sedikit ada kueh iklan yang ada di aplikasi – aplikasi Android gratisan. Sedikit karena harus dibagi dengan pembuat aplikasi.

Sekali lagi yang membuat Google mau menggratiskan OS Android adalah data – data kita.

Tapi kalau memang anda tidak suka dengan produk – produk Google bisa saja mengcustom OS android kita. Seperti di daratan China yang tidak menggunakan produk Google selain Android itu sendiri.

Untuk itu kita juga bisa mengganti fitur penyimpanan di awan kalendar & kontak phoneboo
k dengan aplikasi dari Microsoft yaitu outlook for android. Jadi sewaktu hp hilang atau rusak, kontak phonebook maupun jadwal – jadwal di kalendar masih dapat kita restore selayaknya kalau kita menggunakan akun google di Android. Untuk alternatif apk market. Tentunya sudah sangat banyak semacam Amazon app store, Getjar, App Brain dan lain – lain.

Tetapi saya pun gak yakin kalau pindah menggunakan outlook.com lebih baik dari pada tetap dengan akun Gmail. Karena sama – sama gratis dan Microsoft punya Bing sebagai saingan Google Search .

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s