Tips Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android

Kehadiran teknologi smartphone memang telah banyak mengubah kehidupan manusia. Berkat smartphone kini manusia dapat berkomunikasi dengan lebih mudah. Tidak hanya komunikasi lewat pesan singkat atau panggilan telepon saja. Komunikasi via internet juga menjadi lebih mudah. Bahkan kini siapa saja dapat memperoleh hiburan dengan kualitas yang lebih baik dimanapun mereka butuhkan. Ini semua berkat teknologi smartphone yang semakin canggih. Dari sekian banyak smartphone, smartphone Android adalah jenis smartphone yang memiliki jumlah pengguna paling banyak. Meski usianya lebih muda dibandingkan dengan smartphone iOS, namun poopularitasnya terus menanjak dengan sangat cepat. Namun ada banyak pengguna Android yang masih belum memahami betul bagaimana cara mengoptimalkan perangkat Androidnya. Sebenarnya ada cara yang cukup sederhana untuk mengoptimalkan kinerja smartphone Android. Cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan tanpa harus memiliki kemampuan khusus dalam dunia teknologi.

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mempercepat kinerja Teknologi smartphone Android adalah dengan menghapus cache secara teratur. Untuk menghapusnya, Anda bisa menggunakan cara manual yakni dengan mengunjungi halaman penyimpanan pada menu pengaturan. Selanjutnya Anda tinggal pilih opsi hapus cache. Cara ini adalah cara default yang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan memanfaatkan kemampuan dasar yang telah dimiliki oleh sistem operasi Android. Akan tetapi jika aplikasi yang terinstall di dalam smartphone Anda cukup banyak, tentunya cara manual seperti ini sangat tidak efektif. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis seperti App Cache Cleaner. Dengan aplikasi ini Anda dapat menghapus semua cache hanya dengan beberapa langkah sederhana.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone Android adalah dengan menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi. Aplikasi yang tidak digunakan hanya akan memenuhi memori smartphone Anda saja. Hal ini tentu sangat tidak produktif. Untuk itu sebaiknya kenali aplikasi-aplikasi yang sangat jarang Anda gunakan. Setelah itu hapus aplikasi tersebut dari smartphone Anda. Jika Anda memang ingin menginstall beberapa aplikasi tertentu, pastikan aplikasi-aplikasi tersebut memang sangat Anda butuhkan dan kerap Anda gunakan. Karena itulah sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih aplikasi yang akan diinstall ke dalam smartphone Anda. Menginstall launcher aplikasi juga dapat mengoptimalkan kinerja smartphone Android. Berkat launcher Android, Anda dapat mengakses menu-menu tertentu dengan lebih cepat. Jika Anda memasang aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan pada launcher tersebut, Anda dapat bekerja dengan lebih produktif. Namun dengan satu catatan. Install launcher yang ringan dan sesuai dengan spesifikasi smartphone Android Anda. Jangan install launcher yang justru akan memberatkan kinerja smartphone Anda. Salah satu launcher yang cukup ringan dan dapat dijadikan pilihan adalah Lightening Launcher Home. Selain ringan, launcher ini juga mudah digunakan.

Cara mengoptimalkan smartphone Android berikutnya adalah dengan menghapus widget dan shortcut. Widget dan shortcut memang sangat membantu untuk memudahkan pengguna dalam membuka aplikasi. Namun jika Anda terlalu banyak memasang widget dan shortcut efeknya justru buruk. Shortcut yang terlalu banyak akan membuat tampilan home menjadi sesak. Tidak hanya itu saja, ini juga dapat memberatkan kinerja smartphone. Belum lagi konsumsi daya yang dibutuhkan untuk menjalankan widget setiap kali Anda membuka home Anda. Agar kinerja smartphone lebih optimal dan lebih irit baterai, pastikan untuk tidak terlalu sering memasang widget atau shortcut. Jika Anda memang membutuhkan fitur tersebut, pilihlah dengan lebih selektif. Jangan memasang widget atau shortcut hanya untuk membuat tampilan home smartphone Android Anda tampak lebih menarik.

Artikel ini di Tulis Oleh: Kompasiana

4 responses to “Tips Meningkatkan Kecepatan Smartphone Android

  1. Ping-balik: Bersaing dengan Apple, Samsung Bakal Berubah Menjadi Prosesor 64-bit | Indovisual Blog·

  2. Ping-balik: Bersaing dengan Apple, Samsung Bakal Rubah Smartphonenya Menjadi Prosesor 64-bit | Indovisual Blog·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s