Tips Menangani Laptop yang Kena Air

1371501956734832671

 

Seperti musim hujan pada tahun-tahun sebelumnya, musim hujan kali ini pun saya banyak mendapatkan pasien (Laptop rusak) gara-gara kehujanan, kebanjiran atau apalah yang penting kena air. Coba anda bayangin apa yang bakalan terjadi kalo Rangkaian alat elektronik kena air?, jawabannya pasti “MATI/RUSAK”.
for your information, Tidak semua laptop yang terkena air itu bakalan mati jika anda sigap menanganinya. saya akan Sharing pengalaman saya menangi kasus tersebut. mungkin ini bisa menjadi panduan anda jika mengalami masalah ini, namun jika anda ragu melakukannya, saya sarankan langsung bawa ke tempat service saja.

DONT TRY THIS AT HOME (Tanpa di dampingi orang yang proffesional)

    • Jika laptop anda kehujanan, Jangan coba-coba untuk menyalakan laptop tersebut, segeralah lepas battery latop untuk meminimalisir adanya arus pendek pada komponen mainboard laptop itu sendiri.
    • Lepaskan Keyboard  dari laptop dan segera keringkan kalo perlu pakai hairdryer.  for your information,Keyboard terdiri dari papan tombol, Rangka penyangga Papan tombol, Punchcard yang terbuat dari karet dan Jalur bus. beberapa kasus yang sering terjadi jika Keyboard terkena air adalah, Keyboard tersebut bakalan ngejam (kepencet sendiri) itu dikarenakan Punchcard yang berubah atau langsung nempel dengan jalur bus akibat genangan air yang terjadi sebelumnya.
    • Jangan diamkan laptop lebih dari 12 jam setelah kehujanan, Segera bongkar laptop anda, angkat mainboard kemudian lepaskan seluruh komponen seperti processor, wifi, RAM, Optical Drive, Harddisk  kemudian keringkan. kenapa harus dilakukan dengan segera? hal itu untuk meminimalisir terjadinya korosi pada mainboard itu sendiri, seperti yang kita ketahui besi aja bisa keropos jika kelamaan kena air hujan.
    • Angkat LCD panel dari framenya. for your information, LCD/LED panel laptop terdiri dari beberapa lapisan, jika LCD panel tersebut kemasukan air, maka air tersebut bakalan mengisi celah diantara lapisan-lapisan itu. dan jika hal itu terjadi maka akan ada flek flek putih pada  LCD itu sendiri.
  • Setelah semua komponen telah dianggap benar-benar kering, Rakit kembali laptop anda sesuai semula.

One response to “Tips Menangani Laptop yang Kena Air

  1. Ping-balik: 10 Cara Aneh Memakai Komputer | Indovisual Blog·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s