CARA MENENTUKAN UKURAN LAYAR DAN BAHAN LAYAR TERBAIK

Ukuran Layar sangat tergantung pada besar ruangan, terutama jarak terjauh antara audien dengan layar. Usahakan ukuran tinggi atau lebar layar minimum adalah 1/8 jarak terjauh antara audien dengan layar.

cara menghitung jarak proyeksi projector

Menghitung Jarak Proyeksi proyektor Terbaik

Misal : Jarak terjauh audien 16 m, maka tinggi/lebar layar = 16 / 8 = 2 m, sehingga ukuran layar yang dibutuhkan = 3 x 2 m ( panjang x lebar )
Bila posisi ruangan melebar, maka sudut pandang audien pada ujung baris pertama terhadap Layar tidak boleh lebih dari 50o terhadap bagian tengah layar.

BAGAIMANA MENGHITUNG UKURAN LAYAR DENGAN THROW RATIO

Untuk menentukan jarak proyektor ke layar dapat dihitung dari lebar proyeksi yang diinginkan dan Throw Ratio yang diketahui dari lensa proyektor. Untuk contohnya apabila menggunakan proyektor CP-X2520 yang diketahui mempunyai Throw Ratio 1,5 – 1,8 : 1 dan menginginkan proyeksi dengan lebar 2,4m maka jarak yang diperlukan :

1,5 x 2,4 = 3,6 m

1,8 x 2,4 = 4,32 m

Jadi untuk mendapatkan proyeksi selebar 2,4 meter dengan menggunakan CP-X2520 membutuhkan jarak 3,6 meter sampai dengan 4,32 meter

Dengan demikian , pilihlah proyektor dengan Brightness atau Lumens yang lebih tinggi bila ruangan lebih besar, agar gambar lebih jelas terlihat.
Pilihlah proyektor dengan resolusi tinggi sehingga detail gambar lebih nyata dan pixel lebih halus. Dan jangan lupa, gunakan Screen dengan bahan yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s