Pertarungan Terpanas Teknologi Masa Kini (Apple, Google, Windows)

Dunia teknologi tidak pernah sepi dari intrik persaingan antara para vendor. Sebagian berlangsung sangat panas dan tidak jarang saling menjatuhkan.

Misalnya saja pertarungan antara Microsoft melawan Apple. Atau yang terkini, Samsung melawan Apple untuk memperebutkan supremasi di jagat smartphone.

Rivalitas apa saja yang dianggap mengguncang dunia teknologi? Berikut di antaranya yang didapat dari berbagai sumber.

1. Apple vs Samsung

Tahun 2010, Apple mengugat Samsung yang dinilai mencontek habis-habisan. Lini produk tablet dan ponsel Galaxy dituding meniru desain dan teknologi iPhone serta iPad.

Samsung tak tinggal diam dan menggugat balik. Sejak itu, keduanya terlibat perang hukum tak berkesudahan di berbagai negara. Samsung sempat dihukum denda USD 1 miliar oleh pengadilan California Agustus 2012, karena dinilai terbukti melanggar paten Apple.

Tidak hanya di ranah hukum, Samsung dan Apple juga bersaing sengit di bisnis smartphone. Apple masih paling populer dengan merek iPhone, namun Samsung adalah produsen smartphone terbesar di dunia.

Malah akhir tahun lalu, Galaxy S III sempat menjadi merek smartphone terlaris di dunia, menyalip iPhone untuk pertama kalinya.

Samsung juga beberapa kali meluncurkan kampanye iklan yang mengejek iPhone. Trik ini cukup mujarab di mana iklan tersebut termasuk paling populer di dunia teknologi.

2. PlayStation vs Xbox

PlayStation pernah menjadi konsol game terlaris pada zamannya, pada generasi PlayStation dan PlayStation 2. Namun kemudian, Xbox dari Microsoft memberi perlawanan hebat.

Xbox 360 perlahan tapi pasti menyalip penjualan PlayStation 3. Di mana selama 27 bulan berturut-turut, menjadi konsol game terlaris di Amerika Serikat mengalahkan PlayStation 3.

Memang dalam masa itu, Nintendo Wii sempat menyodok jadi konsol game terlaris. Namun untuk urusan game hardcore dan penggemar fanatik, PlayStation dan Xbox memang lebih diperhitungkan.

Pertarungan Xbox dan PlayStation diprediksi masih berlanjut. Microsoft telah mengeluarkan Xbox One yang dibekali beragam kecanggihan.

Sony pun telah memperkenalkan preview PlayStation 4 meski wujud fisiknya belum diperlihatkan. Kita tunggu saja seperti apa persaingan keduanya di masa depan.

3. Apple vs Microsoft

Pertarungan Apple vs Microsoft berlangsung sengit, terutama di dekade 1980 dan 1990-an. Apple merilis Macintosh pada tahun 1984 dan menjadi rival dengan Microsoft.

Saat Microsoft merilis Windows 95, mereka telah memenangkan pertarungan. Di mana Microsoft menguasai 90% pasar sistem operasi PC dan tidak pernah bisa dikejar Apple.

Bahkan tahun 1997 ketika Steve Jobs kembali memimpin, Apple menerima investasi dari Microsoft. Apple tetap tidak bisa menyalip atau untuk sekadar mendekati Microsoft di segmen PC meski mempunyai penggemar fanatik.

Namun Apple kemudian berjaya di segmen pemutar musik digital, smartphone melalui iPhone dan kemudian tablet PC iPad. Sejatinya, Microsoft lebih dahulu merilis tablet PC, namun tidak pernah menjadi populer.

Steve Jobs, pendiri Apple dan Bill Gates, pendiri Microsoft, sering terlibat perang kata yang sengit. Namun keduanya masih berkawan baik sampai ajal menjemput Jobs.

4. Samsung vs Nokia

Nokia pernah menjadi raja ponsel dunia yang tidak terkalahkan selama 14 tahun lamanya. Namun pertengahan tahun 2012, tahta mereka tiba-tiba saja diambil oleh Samsung.

Ya pada 3 bulan pertama 2012, Samsung berhasil menjual 88 juta unit ponsel. Sedangkan Nokia 83 juta unit ponsel sehingga sang raja pun harus rela lengser keprabon alias turun tahta.

Butuh waktu sangat lama bagi Samsung untuk menggeser Nokia. Dahulu, nama Samsung bahkan mungkin kurang diperhitungkan mampu menyalip Nokia.

Akan tetapi strategi Samsung terbukti mujarab. Dengan menguasai lini produksi sendiri, harga lumayan terjangkau serta mengadopsi hampir semua sistem operasi populer, Samsung pun meraksasa.

Sampai saat ini, Samsung masih berjaya sebagai produsen ponsel terbesar di dunia. Sedangkan Nokia terindikasi semakin keteteran.

5. Intel vs AMD

Intel dan AMD terlibat persaingan lumayan sengit di dunia prosesor. Intel adalah pembuat mikroprosesor pertama, yakni 4004 di tahun 1971.

Intel berjaya dengan kampanye iklan Intel Inside. Namun AMD menuai sukses dengan memproduksi prosesor yang harganya lebih murah dari produk besutan Intel, namun performanya sebanding atau kalau tidak lebih baik.

Namun memang Intel kemudian jauh lebih besar perkembangannya dari AMD. Tahun 2009, market share Intel 80,5% di pasar mikroprosesor sedangkan AMD hanya 12%.

Saat ini, keduanya tengah menghadapi tantangan hebat. Yaitu merebut dominasi prosesor mobile dari tangan ARM.

ARM, perusahaan asal Inggris, mempunyai arsitektur chip yang pada saat ini paling banyak dipakai di smartphone maupun tablet.

6. Apple vs Google

Apple terlibat dalam berbagai perang panas sepanjang sejarahnya. Selain Microsoft dan Samsung, Apple juga bersaing sengit dengan Google.

Setelah berjaya cukup lama dengan iPhone, kedatangan OS Android besutan Google mengubah segalanya. Android perlahan tapi pasti menjadi OS terpopuler di dunia, saat ini dengan pangsa pasar di kisaran 60%.

Steve Jobs, pendiri Apple, menilai Android adalah produk curian. “Aku akan menghancurkan Android, aku akan meluncurkan perang termonuklir,” katanya.

Jobs dikabarkan kecewa dengan ulah Eric Scmidt, CEO Google yang dulu masuk dewan pimpinan Apple. Begitu Eric keluar dari Apple, dia malah meluncurkan Android untuk melawan dominasi iPhone.

Android pun menjadi sasaran gugatan Apple. Bahkan sampai saat ini, gugatan Apple pada Android tidak juga mereda.

2 responses to “Pertarungan Terpanas Teknologi Masa Kini (Apple, Google, Windows)

  1. Ping-balik: Bersaing dengan Apple, Samsung Bakal Berubah Menjadi Prosesor 64-bit | Indovisual Blog·

  2. Ping-balik: Bersaing dengan Apple, Samsung Bakal Rubah Smartphonenya Menjadi Prosesor 64-bit | Indovisual Blog·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s