WiFi Tercepat, Kirim Puluhan Film HD Cuma 1 Detik!

Sebuah temuan baru berhasil membuat koneksi Wifi melaju lebih cepat. Saking cepatnya, pengguna bisa mengirimkan 10 film beresolusi tinggi hanya dalam waktu satu detik saja. Wow!

Di luar negeri, Wifi tercepat yang ada saat ini hanya mampu memberikan bandwidth maksimal 400 Megabit tiap detiknya. Walau kemudian ditemukan sebuah konsep baru yang memungkinkan Wifi menyalurkan data hingga 1,3 Gb/detik.

Tapi apa yang ditemukan oleh Institut Teknologi Karlsruhe di Jerman cukup mengagumkan, mereka berhasil membuat chip yang mampu membuat Wifi melaju lebih cepat, yakni hingga 40 GB per detik.

Hal itu dimungkinkan dengan penggabungan beberapa hardware yang beroperasi di frekuensi 240 Ghz, padahal kebanyakan Wifi yang ada saat ini hanya bisa bekerja di frekuensi 2,4 GHz atau paling banter di 5 GHz.

Frekuensi yang semakin tinggi memungkinkan lalu lintas data yang semakin cepat, tapi hal itu juga harus ditunjang dengan komponen lain yang mendukung. Untuk itulah intitut Karlsruhe menciptakan chip yang mendukung frekuensi tersebut.

Seperti dikutip detikINET dari Discovery, Selasa (21/5/2013), ketika diuji pada jarak sejauh 9 KM, Wifi racikan tersebut masih mampu memberikan bandwidth yang stabil dikisaran 40 GB per detik. Sangat cepat bukan?

Sejauh ini temuan tersebut masih terus dikaji, dan belum diketahui juga apakah nantinya bisa dikomersilkan agar bisa dinikmati masyarakat luas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s