Mengapa Harus Memakai Proyektor di Ruang Meeting Perusahaan?

Pemakaian proyektor di ruang meeting perusahaan sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Proyektor mampu menampilkan kualitas gambar yang lebih dan presentasi yang lebih interaktif. Bahkan, proyektor adalah kebutuhan yang harus dimiliki oleh perusahaan besar. Rapat tidak akan berjalan mulus jika presentasi tidak komunikatif dan interaktif. Penggunaan gambar, animasi, video, atau audio dalam presentasi akan membuatnya semakin interaktif dan mudah dipahami. Peningkatan kebutuhan proyektor ini menjadi peluang bagus bagi produsen untuk mengembangkan teknologi baru yang jauh lebih muktahir. Namun, proyektor bukanlah satu-satunya sarana untuk mendukung presentasi di suatu meeting. Ada banyak pilihan lain yang bisa diterapkan. Proyektor menawarkan kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki alat penunjang presentasi lainnya. Mengapa harus ada proyektor di ruang meeting perusahaan? Seberapa pentingkah alat ini dalam menunjang kesuksesan suatu perusahaan?

projector, screen, sound system, game, presentation,

projector, screen, sound system, game, presentation,

Tampilan Presentasi Menjadi Jauh Lebih Menarik

Kesuksesan suatu presentasi tidak hanya ditentukan dari isi presentasi tersebut. Penyajian presentasi adalah faktor penting yang perlu dilakukan. Proyektor memberikan solusi praktis untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik. Kamu bisa menampilkan file power point yang memuat grafik atau animasi tertentu untuk ‘memoles’ presentasi. Kamu juga bisa menampilkan video untuk memberikan informasi pendukung dari data yang disajikan selama presentasi. Bisa dibayangkan betapa monotonnya presentasi dengan OHP. Kamu hanya membawa lembaran transparan yang kadang tulisannya sangat sulit dibaca. Sejak OHP mulai ditinggalkan, perkembangan proyektor pun menjadi pesat. Selain itu, penggunaan proyektor akan jauh lebih efektif untuk mendukung meeting yang dihadiri oleh banyak orang. Proyektor mampu menampilkan gambar tajam sehingga berapapun jarak layar dari audience tidak akan mempengaruhi kualitas gambar.

Lebih Ekonomis

Bandingkan proyektor dengan OHP. Sebelum mulai presentasi dengan OHP, kamu perlu menyiapkan lembaran transparansi yang sudah disiapkan sebelumnya. Setiap presentasi dilakukan, kamu harus mencetak lembaran lainnya. Ironisnya, lembaran presentasi itu mungkin hanya digunakan sekali pakai untuk satu presentasi. Lembaran tersebut mungkin hanya akan berakhir di tempat sampah. Dengan bantuan proyektor, kamu tidak perlu mencetak lembaran presentasi lagi. Kamu hanya membutuhkan softcopy (file power point) dan laptop. Mungkin kamu juga perlu mencetak file presentasi meskipun harus menyajikannya dengan power point. Tetapi, cara ini dinilai tidak efektif.

Hemat Energi

Kamu bisa menemukan banyak pilihan proyektor yang mampu menghemat energi. Proyektor yang bagus haruslah ramah lingkungan dan tidak menguras energi selama presentasi. Proyektor hemat energi tentu akan sangat bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting di suatu perusahaan. Jika memungkinkan, pilihlah proyektor dengan fitur standby. Dengan menghemat energi untuk proyektor, kamu juga bisa menghemat pengeluaran bulanan perusahaan.

Praktis dan Mudah Dibawa

Proyektor  berukuran relatif kecil. Bahkan, ada proyektor sebesar kartu pos yang dijual di pasaran. Proyektor yang ringan dan kecil akan mempermudah pekerjaan sebelum kamu menyiapkan presentasi. Teknologi ini jauh lebih praktis daripada OHP. Dengan proyektor mini dan praktis ini, kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk menyiapkan presentasi.

Selain itu, kamu juga bisa mengupdate materi presentasi dengan mudah. Dengan gadget di tangan, file bisa diedit kapan saja dan dimana saja. Jika file tersebut harus dicetak  terlebih dahulu, kamu harus mencetaknya lagi jika ada kesalahan. Cara ini tentunya akan sangat membuang waktu. Kamu bisa segera mengedit dokumen jika ada koreksi, masukan, atau kritik dari rekan kerja atau atasan.

NP43NP64front (1)

One response to “Mengapa Harus Memakai Proyektor di Ruang Meeting Perusahaan?

  1. Ping-balik: MENGAPA HARUS MEMAKAI PROYEKTOR DI RUANG MEETING PERUSAHAAN? | Artikel dan Opini Simpang Siur·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s