6 Spesial Visual Efek Film Terbaik Sepanjang Masa

Film yang berkualitas adalah film yang menghasilkan decak kagum bagi penontonnya. Untuk menghasilkan film tersebut tentunya membutuhkan biaya  besar dan proses visual yang sangat canggih. Berikut serupedia membahas  6 Spesial Visual Efek Film Terbaik Sepanjang Masa yang dilansir dari forumviva.
1.STAR WARS (1977): Motion Control Photography
Pertempuran ruang angkasa pada masa itu hanya khayalan, namun lewat film Star Wars Episode IV: A New Hope garapan George Lucas masyarakat jadi penasaran dan tentu saja terhibur. Ini kerjaan teknologi special effect. Sebgai sutradara, George Lucas menciptakan peperangan di luar angkasa melalui teknologi motion control photography, yang kemudian digarap lebih detail di komputer.
Konon teknologi ini menjadi sumber inspirasi pembuatan film berikutnya yang mengandalkan visual effect. Film berbiaya 11 juta dollar itu sukses hingga menciptakan penggemar fanatik Star Wars.
2.TERMINATOR  2: JUDGMENT DAY (1991): Make-Up effect: Morphing
Film teminator 2: judgment day juga patut di acungi jempol untuk urusan special effect. James Cameron yang menggarap film ini memang berambisi membuat sesuatu yang lebih hebat dibandingkan dengan film sebelumnya The Terminator (1984). Penonton kagum dengan visual effect pada saat itu, ketika adegan wajah terminator terbelah dua, terkelupas antara wajah bentuk robot dan manusia, bahkan melebur ke berbagai bentuk lain.
Teknik make-up effect saat itu masih baru, disebut morphin. Film berbiaya 100 juta dollar ini berkisah tentang robot terminator yang muncul untuk melindungin John Connor dari buruan robot T1000. Film ini berhasil meraup pendapatan sekitar 500 juta dollar.
3.TITANIC (1997): Replika Kapal
Salah satu special effect paling menarik buat diintip bisa kita lihat dalam film Titanic. Film yang disutradarai olej James Cameron ini dianggap sukses, salah satunya karena berhasil menerapan special effect denggan menggunakan miniatur kapal mirip fersi aslinya kedalam film. Padahal bukan pekerjaan mudah. Apalagi kapal sebenarnya memang ada, sehingga kru harus mendesain kapal buatan sesuai dengan aslinya.
Meskipun kapal buatan, tapi ketegangan yang muncul dalam film ini tetap terasa. Apalagi ceritanya memang menyentuh, yaitu mengenai kapal pesiar merah yang tenggelam di perairan Atlantik. Dalam perjalanan itu, banyak kisah menyentuh yang membuat penonton terharu. Film berbiaya 100 juta dollar ini sukses berat dan sempat memimpin box office bertahun-tahun sebelumnya hingga akhirnya dilengserkan oleh Avatar, karya sutradara yang sama. Bahkan tahun 2012 dibuat versi 3D.
Atlantik. Dalam perjalanan itu, banyak kisah menyentuh yang membuat penonton terharu. Film berbiaya 100 juta dollar ini sukses berat dan sempat memimpin box office bertahun-tahun sebelumnya hingga akhirnya dilengserkan oleh Avatar, karya sutradara yang sama. Bahkan tahun 2012 dibuat versi 3D.
4.THE MATRIX (1999): Bullet Time
Satu lagi film yang menggunakan special effect keren adalah The Matrix. Film karya the Wachowski Brothers ini bikin kagum banyak orang, bahkan menjadi inspirasi tontonan lainnya berkat teknologi Bullet Time dalam banyak adegan dalam film tersebut. Asal tau aja, visual effect seperti ini gerakan aktor dan kecepatan peluru yang dilontarkan dalam senapan musuh dalam film itu jadi sangat pelan. Tujuannya agar penonton bisa mendapatkan gambaran detail adegan itu dengan hasilnya yang mengagumkan.
Film ini bercerita tentang petualangan didunia virtual penuh dengan aksi, di mana dunia akan dikuasai oleh mesin. Film yang menelan biaya sekitar 63 juta dollar ini di bintangi oleh Keanu Reeves.
5.THE LORD OF THE RINGS: THE FELLOWSHIP OF THE RING (2001): Make-Up CGI
Film trilogi The Lord Of The Rings dimulai dari The Lord Of The Rings: The Fellowship Of the Ring. Film yang di sutradarai Peter Jackson ini diadaptasi dari sebuah novel fantasi. Dalam film yang biayanya mencapai 285 juta dollar ini dikenal dengan berbagai karakter-karakter unik yang berdampingan dengan karakter manusia. Untuk menampilkan sosok itu, sutradara Peter Jackson membuat special effect menggunakan CGI untuk menciptakan karakter yang dibuat di komputer. Pada masa itu, teknologi ini juga cukup diperbincangkan. Film ini berkisah tentang cincin yang memiliki ketuatan bagi pemiliknya dan juga di perebutkan banyak pihak.
Selain kisah menarik, juga munculnya karakter unik. Enggak usah heran jika dua film selanjutnya masih banyak di tonton oleh orang juga, yaitu The Two Towers (2002) dan The Return Of The King (2003).
6.AVATAR (2009): CGI 3D
Banyak yang berdecak kagu usai nonton Avatar, apalagi dalam format 3D. Soalnya kita dibuat seperti berada di dunia yang sama dengan karakter di film tersebut. Kehebatan film karya James Cameron ini memang dibuat dengan teknologi CGI 3D paling baru. Setiap adegan dibikin detil, dengan menyatukan gerakan aktor sesungguhnya di studio dan aktor rekaan yang dibuat dan berakting di dalam komputer. Hasilnya? Ya, karakter ciptaan sedang beraksi didunia yang juga ciptaan komputer CGI. Seperti kita tahu film ini berkisah tentang sekelompok manusia yang ingin menguasai sumber energi baru di planet pandora.
Masalahnya, mereka harus berhadapan dengan bangsa Na?vi yang cinta damai. Pertempuran pun enggak bisa dihindarkan , komunitas Na?vi dan planetnya yang dipenuhi dengan flora dan fauna yang unik dan indah jadi berantakan. Untuk menggambarkan suasana itu, James Cameron merekayasa sendiri kamera untuk pengambilan gambar. Terutama makhluk bangsa Na?vi dan planet pandora yang menggunakan grafis 3D. Makanya, wajar saja jika film yg menelan biaya 310 juta dollar ini ditampilkan dalam format RealD3D, Dolby 3D, Xpan 3D, dan Imax 3D. Film ini melesat ke peringkat pertama sebagai film yang memiliki pendapatan terbaik sepanjang masa senilai 2,6 milyar dollar. Tentu saja menggeser Titanic (1997)yang meraup 1,8 milyar dollar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s