Manfaatkan Teknologi di dalam Kelas

Manfaatkan Teknologi di dalam Kelas 

Teknologi. Hal satu ini sangat akrab dengan kehidupan kita. Seperti pada artikel solusi edukasi sebelumnya di https://indovisualprojector.wordpress.com/2013/02/19/evolusi-teknologi-yang-digunakan-di-kelas/ , kita bisa lihat berbagai macam bentuk evolusi teknologi yang digunakan di kelas, dari tahun 1650 Horn-book (Papan kayu dengan pelajaran yang dicetak populer di era colonial), 1850 – 1870 – ferule: tongkat penunjuk papan tulis di sekolah, 1870 – Magic Lantern (cikal bakal dari slide proyektor), 1890 – Papan tulis hingga ke 1900 – Pensil dan lain sebagainya.

Bagaimana memanfaatkan teknologi yang sekarang kita punya di tahun 2012 ini, khususnya untuk mendukung belajar di kelas? Banyak kejadian yang menginspirasi indovisual untuk sharing mengenai cara memanfaatkan teknologi melalui artikel kali ini. Inspirasi ini datang dari curhatan teman-teman guru dan principal . Misalnya saking banyaknya bahan pelajaran yang harus diajarkan, guru cukup kewalahan untuk menyampaikan semuanya dalam 1 – 2 jam pelajaran. Atau tingkat kebosanan anak yang cenderung besar, membuat guru harus memikirkan cara unik dan kreatif untuk mentransfer pengetahuan yang diajarkan. Dari sisi principal, principal harus memastikan semua berjalan dengan baik; guru mengajar dengan baik, murid bisa menerima dengan baik dan bahan pelajaran tersampaikan dengan baik pula.

Sekali lagi, teknologi bisa menjadi salah satu alternatif solusi yang baik untuk hal ini. Manfaatkan teknologi dengan baik untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Berikut beberapa tips yang kiranya bisa diterapkan di kelas.

1. Maksimalkan peralatan teknologi yang ada

Salah satu komplain dari siswa yang paling sering terdengar adalah ketika guru sedang menulis di papan tulis dan siswa tidak bisa melihat tulisannya dengan jelas, entah karena tulisannya terlalu kecil atau saking banyaknya catatan yang harus dibuat. Hal ini bisa diminimalisir dengan teknologi papan tulis interaktif. Dengan cukup menambahkan satu alat kecil di projektor yang sudah ada di kelas, papan tulis, tembok atau papan keras apapun, bisa mengubah tampilan menjadi interaktif. Tulisan guru bisa diperbesar dengan zoom in . Dengan pencahayaan yang cukup bagus, murid akan melihat tulisan dan gambar yang ditampilkan dengan jelas, bahkan untuk murid yang duduk di baris paling belakang. Ada berbagai pilihan spidol dari warna dan ukuran besar kecil untuk menulis.

 

2. Manfaatkan Internet

Manfaatkan internet yang mostly sudah tersedia di sekolah. Dengan adanya internet, guru bisa lebih leluasa lagi untuk mengeksplorasi bahan pelajaran yang sedang dipersiapkan untuk diajarkan kepada para siswa. Ada banyak sekali data, sumber dan bahan untuk memperkaya mata pelajaran yang akan diajarkan. Untuk pelajaran biologi misalnya. Guru ingin mengajarkan bahan mengenai pergerakan amoeba. Guru persiapkan terlebih dahulu hal-hal mengenai amoeba dan diperlengkap lagi dengan video yang bisa dipersiapkan terlebih dahulu. Atau misalnya guru ingin menunjukkan data lengkap mengenai pertumbuhan penduduk dunia, tentunya tugas ini sangat terbantu dengan adanya internet.

 

 

3. Manfaatkan social media , youtube dan situs pendidikan

Manfaatkan juga hal-hal yang sering kita lakukan dan membawanya untuk mendorong kreatifitas belajar. Salah satunya adalah social media dan blogging . Eksplorasi mengajarkan siswa untuk menulis kreatif melalui ajang blogging . Bakat dan talenta anak pun tersalurkan dengan baik. Atau belajar mengenai jurnalistik. Guru bisa mengarahkan untuk langsung browsing ke salah satu situs pendidikan, mengambil contoh salah satu artikel yang disesuaikan dengan topik dan langsung menganalisa bersama-sama dengan siswa.

4.  Pastikan semua pelajaran bisa di save

Bagian terpenting dalam belajar adalah dokumentasi. Dengan pendokumentasian yang baik, memungkinkan murid untuk mempelajari mata pelajaran yang telah diajarkan. Pelajaran yang telah terekam dengan baik di kelas bisa disimpan, bisa dibagikan atau diakses langsung oleh siswa, sehingga siswa bisa mengulangnya kembali di rumah untuk mendapatkan pemahaman pelajaran secara tuntas.

Memadupadankan teknologi dengan pengajaran di kelas merupakan cara efektif untuk merangsang kreatifitas anak, sekaligus mendorong interaksi belajar aktif antara guru dan anak didik. Kesekolah.com percaya teknologi tidak membawa dampak buruk kepada siswa, jika dibarengi dengan arahan penggunaan dan pendampingan. Terlebih, teknologi bisa menjadi alat yang sangat bermanfaat untuk belajar kreatif dan pendorong ampuh bagi siswa untuk mengetahui berbagai hal baru dan baru lagi.

2 responses to “Manfaatkan Teknologi di dalam Kelas

    • betul sekali..indovisual sependapat😀
      tapi qt harus berhati2 dengan kemajuan teknologi..karna semakin maju teknologi manusia akan semakin malas..karna sudah bergantung & diperbudak oleh perangkat2 teknologi yang semakin maju..
      terima kasih telah berkunjung..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s