Cara Mengatasi Grogi saat akan Presentasi

Perasaan “nervous” atau grogi di saat memulai presentasi adalah hal yang hampir pasti dialami oleh semua orang. Bahkan seseorang yang telah berpengalaman berbicara di depan umum pun tidak terlepas dari perasaan grogi atau “demam panggung” ini. Ada pakar yang mengatakan bahwa perasaan grogi ini muncul karena melemahnya rasa percaya diri pada seseorang. Namun, seorang yang sangat berkuasa pun, misal presiden direktur yang berbicara pada bawahannya, masih juga terjangkit grogi. Ada juga anjuran agar anda mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum menyajikan presentasi, namun toh perasaan grogi itu tetap muncul.Ini berarti grogi atau nervous bukanlah hal yang bisa dihindari begitu saja. Malahan bila perlu ditangani agar memberi nilai tambah dalam presentasi anda.
 Ada banyak penyebab mengapa seseorang grogi saat presentasi. Padahal jika seseorang sedang ngbrol dengan teman dekat atau berdiskusi di tengah kelompoknya mereka sama sekali tidak pernah grogi, ataupun malah sangat percaya diri.
Hal ini disebabkan antara lain sebagai berikut:
                Pertama, belum adanya pengalaman yang cukup dalam presentasi. Jadi jika seseorang tidak pernah sama sekali atau masih sedikitnya jam terbang untuk presentasi maka hampir dipastikan akan mengidap gangguan grogi. Terlebih lagi jika yang dihadapi adalah audiens dengan status sosialnya jauh melebihi dirinya,biasanya presenter akan lebih keder hingga lantai bak bisa bergetar dan berlobang.
                Kedua, tidak adanya persiapan yang matang dalam presentasi. Penyebab ini pada umumnya juga akan melanda kepada orang yang sudah memiliki pengalaman dan jam  terbang cukup.Sebab dengan tidak adanya persiapan yang matang maka akan mengurangi rasa kepercayaan diri, sehingga apa yang diucapkan akan tidak sistematis, ngawur bahkan ngelantur.
                Ketiga, perasaan bersalah, takut dan minder terhadap apa yang akan dilakukan. Jika hal ini terjadi maka seseorang tidak dapat berbicara secara efektif.Sebab yang bersangkuan sudah menfonis dirinya bahwa apa yang akan disampaikan dinilai tidak berbobot, kekanak-kanakan, ngawur, tidak becus, terlalu sederhana, dsb.
                 Keempat, kepribadian pemalu dan tertutup (introvert). Jika seseorang memliki sifat pemalu dan introvert maka dalam presentasi automatis tidak efektifdan dijamin grogi. Sebab dalam presentasi menuntut seseorang bersifat terbuka (ekstrovert), pemberani, bertanggung jawab, dan konsekuen terhadap apa yang disampaikan.Sedangkan presenter yang pemalu tidak memiliki percaya diri terhadap tingkah lakunya di depan forum, tidak berani menatap muka sehingga yang disampaikan menjadi tidak jelas.
Ga usah khawatir dengan semua ini, ada beberapa cara untuk mengatasinya..
Berikut adalah cara mengatasi grogi ketika berpresentasi  :
1. Siapkan mental dengan cara membangun rasa percaya diri dan mengendalikan rasa takut serta emosi.Khusus untuk mengatasi kaki yang gemetaran, usahakan pada saat tampil anda bergerak, anda dapat menyiasatinya dengan berjalan menuju white board untuk menulisatau menuju hadirin untuk berdialog.
2. Berusahalah konsentrasi dan tenang pada saat akan maju dan fokuskan pada pokok pikiran apa yang anda sampaikan, juga pada kata kuncinya.Jangan memaksakan diri untuk mengeluarkan apa yang anda hafalkan, ini hanya akan menambah ketegangan dan rasa grogi jika pada saat akan maju adasedikit saja ada yang terlupa.
3. Kuasai materi presentasi sebaik mungkin.
4. Jangan mengharuskan diri tampil sempurna pada tiap kesempatan karena hanya akan mempercepat timbulnya rasa grogi ketika sedikit saja kekurangan Anda tampak.Yakinlah semua orang mempunyai kekurangan dan tidak semua orang mampu berbicara dengan baik di depan umum.
5. Yakinlah bahwa Anda tidak harus sepenuhnya menguasai seluruh hadirin. Fokuskan perhatian pada mereka yang tertarik dengan apa yang anda sampaikan.biarkan saja kalau ada yang tidak menaruh perhatian pada apa yang anda sampaikan.
6. Usahakan melewati sebelah kiri pendengar saat Anda menuju ke panggung atau tempat anda menyampaikan pidato.Ini akan menstimulasi otak kanan para pendengar sehingga lebih mudah menerima apa yang anda sampaikan
7. “Berdoa” Nah, ini yang paling penting. Jangan lupa untuk berdoa sebelum berbicara di depan umum agar tidak grogi, tidak nervous, dan sukses selalu.
Yang perlu Anda tekankan dalam diri Anda adalah bahwa berbicara di depan umum bukanlah hal yang sangat menegangkan.Anda tidak akan dicela dan dijauhi hanya karena penampilan anda tidak sempurna saat di depan forum.Jadi berusahalah selalu tenang dan rileks.Dan lebih penting lagi, bukan pada bagaimana penampilan anda tetapi pada apa yang anda sampaikan sehingga anda harus mempunyai tujuan dan sasaran yang jelas dan terarah.Ingatlah, sebagian besar pendengar menginginkan anda berhasil dalam menyampaikan pesan dan persiapan yang matang akan sangat membantu anda.
Selamat Mencoba, anda pasti bisa  : )

One response to “Cara Mengatasi Grogi saat akan Presentasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s